Thursday 6 March 2008

Robert Plant


Anthony Robert Plant (lahir 20 Agustus 1948) adalah rock singer. Dia adalah salah satu anggota dari salah satu yang paling populer dalam sejarah musik, Led Zeppelin. Dia dikenal dengan gaya yang kuat, jangkauan vokal yang luas. Tapi sayang band hebat ini bubar setelah kematian drummer John Bonham, Plant pun solo karir & menuai sukses.

Plant memulai karirnya bernyanyi dalam berbagai band termasuk "Band of Joy". Ia tidak sukses bersama band tersebut, namun dengan cepat menyebar berita tentang karakter vokalnya yang khas. Gitaris Jimmy Page pada saat itu sedang mencari vokalis untuk band barunya mendengar kabar tentang Plant dan menemuinya. Page dan Plant akhirnya bergabung dan mereka mulai menulis kolaborasi canggih mereka dengan reworks lagu blues dari sebelumnya.

Plant banyak dipengaruhi oleh JRR Tolkien, untuk menulis beberapa lirik pada awal album Zeppelin. Pengalaman musik Plant dan Page sampai membawa mereka menjelajahi benua Afrika, khususnya Maroko.

Kesuksesan terbesar band mereka dengan "Stairway to Heaven", merupakan sebuah bagian dari epic fantasy yang terinfluence dari folk, blues, musik tradisional Celtic dan hard rock. Meskipun tidak pernah dirilis sebagai single, lagu tersebut telah ditetapkan sebagai lagu sepanjang masa dalam berbagai jajak pendapat di seluruh dunia. Walaupun sebagian besar dari lirik lagu itu dianggap oleh berbagai kelompok merupakan sebagai pesan setan bila kasetnya diputar mundur.

Plant menikmati kesuksesan besar dengan band sepanjang tahun 1970-an, dan pada satu titik dipuncak kepopulerannya, ia berkata kepada reporter "I'm a golden haired God". Kepongahan ini berakibat fatal, ketika Plant dan istrinya Maureen mengalami kecelakaan yang parah di Rhodes, Yunani pada tanggal 4 Agustus 1975. Ini menghentikan produksi album Led Zeppelin dalam beberapa bulan. Sesuatu yang parah juga terjadi pada 1977, ketika anak sulungnya, Karac, meninggal dunia karena infeksi perut. Kematian Karac membuat Plant terinspirasi untuk menulis lagu "All My Love". Peristiwa-peristiwa tragis tersebut menimbulkan rumor bahwa band mereka penganut ilmu hitam.

Setelah Zeppelin breakup pada tahun 1980, Plant solo karir. Ia kemudian membentuk sebuah band, The Honeydrippers, dan re-make lagu "Sea of Love" berhasil masuk Hit Top Ten.

Pada tahun 2005, Plant membentuk band cadangan baru, Strange sensasi, untuk album baru, Mighty Rearranger. Berisi lagu-lagu yang dijiwai band lamanya, Led Zeppelin.

Comments :

0 comments to “Robert Plant”

Rockerz Sponsor

PageRank Button

ROCKER EXCHANGE LINKS

Tukaran Link Yuuk? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda.

Rockerz99

Rockerz Archive

 

Copyright © 2009 by ROCKERZ 99